Sabtu, 22 Maret 2014

MATERI KELAS IX - PENGERTIAN DASAR INTERNET

A. Pengertian Internet dan Intranet
1.     Pengertian Internet
Internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lain saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi.
2.    Pengertian Intranet
Intranet adalah jaringan komputer-komputer yang saling tersambung digunakan pada suatu sistem organisasi.
B. Sejarah Perkembangan Internet
            Pada tahun 60-an, Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan, salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong agar lebih mudah ditangani dan lebih andal. Peneliti utama dalam perkembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.
            Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementasikan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunkan saluran fisik yang berbeda. Komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya internetwork (antarjaringan) secara global yang kemudian kita kenal sebagai “internet”.
C. Ruang Lingkup Internet
            Internet merupakan sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komputer dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas. Internet telah memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio. TCP/IP ibarat bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer sehingga antarkomputer dapat saling berkomunikasi.
D. Kegunaan Internet dan Dampak Negatifnya
Adapun kegunaan atau manfaat dari jaringan komputer sebagai berikut :
1.     Untuk berbagi sumber daya
2.    Reliabilitas tinggi
3.    Sebagai sarana komunikasi
4.    Perdagangan secara elektronik
5.    Internet Banking
6.    Belajar jarak jauh
Adapun dampak negatif dari jaringan komputer sebagai berikut :
1.     Pencurian nomor kartu kredit (carding)
2.    Cracking
3.    Penyebaran virus
4.    Pembajakan
5.    Situs porno
E. Layanan yang Ada di Internet
1.     E-mail
2.    Discussion Group
3.    FTP
4.    Telnet
5.    Gopher
6.    World Wide Web
sumber : buku Media Intensif TIK untuk SMP/MTs kelas IX

Usaha Makmur Solo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar